Rabu, 31 Januari 2018

Manfaat Ikan Sarden Untuk Ibu Hamil Muda

Manfaat ikan sarden untuk ibu hamil muda berkaitan dengan nutrisi yang terkandung di dalam ikan sarden itu sendiri. Ketika hamil mengandung buah hati tercinta, asupan nutrisi tentu menjadi konsen utama supaya kesehatan sang ibu dan tumbuh kembang janin selalu terjaga. Asupan makanan ibu hamil harus sangat diperhatikan supaya tak salah pilih. Alasannya, sang ibu yang sedang mengandung tak hanya bertanggung jawab pada dirinya sendiri namun juga pada malaikat kecil yang dikandungnya.
Apapun yang dimakan sang ibu akan diserap pula oleh janin. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil tak mengkonsumsi makanan sembarangan dan selalu memperhitungkan nilai gizinya. Apakah ibu hamil boleh makan sarden kaleng? Ikan sarden segar maupun sarden kaleng merupakan salah satu asupan makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asalkan masih dikonsumsi dalam batas tertentu.

Deretan manfaat ikan sarden untuk ibu hamil muda
Ikan sarden merupakan ikan air laut yang memiliki ukuran tubuh mini namun tekstur daging yang cukup berserat. Ikan sarden memiliki lebih dari 12 spesies ikan namun memiliki kemiripan dan ukuran yang identik sehingga dapat digolongkan menjadi satu jenis yakni ikan sarden. Saat ini, ikan sarden segar maupun sarden kaleng sudah banyak tersedia di pasaran dan dapat dengan mudah diperoleh ibu hamil untuk menu makanan bernutrisi.
Berikut ini adalah Manfaat ikan sarden untuk ibu hamil muda yang sangat efektif:
  • Memberikan asupan protein untuk ibu
Sama halnya seperti jenis ikan dan lauk lainnya, ikan sarden juga mengandung protein yang sangat tinggi. Ketika mengandung buah hati, pasti akan banyak energi ibu yang terkuras. Bahkan jika berlanjut, kondisi ini dapat memicu munculnya anemia atau kekurangan darah pada ibu hamil yang berdampak negatif bagi kesehatan sang ibu maupun janin yang dikandung.
Banyak kehilangan energi dan terjadinya anemia membuat ibu hamil menjadi sangat mudah lelah hingga sakit. Disinilah peran serta ikan sarden yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Asupan protein yang tinggi mampu mengembalikan energi dan tenaga ibu hamil sehingga tak mudah lelah dan cenderung selalu energik. Kadar protein yang cukup tinggi pada ikan sarden sangat efektif membuat ibu hamil menjadi lebih aktif dalam beraktifitas.
  • Aman bagi ibu dan bayi karena tak mengandung merkuri
Tidak sama dengan ikan air asin lainnya seperti tongkol, kerang atau jenis lain, ikan sarden tidak mengandung zat berbahaya yaknik merkuri. Seperti yang sudah diketahui banyak pihak, merkuri dalah zat kimia yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin dalam kandungannya.
Merkuri dapat mengkontaminasi ibu hamil dan bayinya melalui kulit hingga saat masuk ke dalam tubuh. Jika sampai tertelan dan masuk ke dalam tubuh, dampak dari zat merkuri sungguh fatal. Selain ibu dapat terganggu kesehatannya, kandungan pun bisa mengalami pendarahan hingga resiko bayi terlahir cacat. Untuk itu, hati-hatilah dalam mengaplikasikan krim atau mengkonsumsi makanan supaya memastikannya terlebih dahulu telah terbebas dari merkuri. Ikan sarden adalah jenis ikan laut yang aman dan sama sekali tak mengandung merkuri.
  • Sebagai sumber fosfor
Kebutuhan asupan nutrisi seorang ibu hamil tentu jauh lebih banyak dibanding seseorang yang tidak sedang hamil. Kebutuhan nutrisi tersebut termasuk zat mineral berupa fosfor yang mampu secara efektif memaksimalkan tumbuh kembang tulang dan gigi pada bayi. Pemenuhan zat gizi fosfor ini akan lebih maksimal apabila diberikan sejak dalam kandungan. Ikan sarden adalah ikan yang mengandung beragam zat mineral yang salah satunya adalah fosfor.
Jika ibu hamil dapat rutin mengkonsumsi ikan sarden dengan porsi yang pas dan Teknik pengolahan yang benar, maka buah hati akan terlahir dengan kondisi tulang dan gigi yang baik. Bahkan konsumsi fosfor juga mampu mencegah berbagai penyakit kulit yan sering terjadi pada bayi.
  • Dapat menutrisi otak buah hati
Manfaat ikan sarden untuk ibu hamil selanjutnya dapat diperoleh dari kandungan asam esensial omega 3 yang terdapat di dalam minyak ikan sarden yang berkombinasi dengan asam lemak esensial omega 3 mampu menutrisi otak dan membuat kinerjanya semakin optimal. Apalagi kandungan DHA yang bekerjasama dengan omega 3 mampu mempersiapkan buah hati dengan kecerdasan otak premium sejak di dalam kandungan.
  • Menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem tiroid
Di dalam ikan sarden, terdapat kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yakni selenium. Bagi seorang ibu hamil, selenium sangat berperan dalam mengontrol sistem tiroid dalam tubuh. Sistem tiroid yang tidak terkontrol dengan maksimal dapat menimbulkan berbagai kelainan seperti gondok dan kelainan hormone. Inilah fungsi selenium yang mampu menjauhkan
  • Sebagai sumber kalsium
Kandungan kalsium di dalam ikan sarden juga tak dapat diragukan lagi. Ikan sarden memiliki kandungan nutrisi beragam vitamin yang salah satunya adalah vitamin D. DImana vitamin D bekerjasama dengan kalsium mampu menutrisi tulang. Bagi ibu hamil, konsumsi kalsium yang cukup mampu memaksimalkan pembentukan tulang dan otot pada si kecil di dalam kandungan. Tak hanya bagi si kecil, asupan kalsium pun dapat mencegah osteoporosis pada ibu hamil.
  • Meningkatkan sistem imun
Kandungan vitamin D, vitamin A dan Vitamin B12 disertai protein di dalam ikan sarden mampu meningakatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Sistem imun yang baik pada ibu hamil tentu membuatnya tak mudah terserang virus dan penyakit. Jiak ibu sehat, amak dampak positifnya akan sampai pada janin yang ada di dalam kandungan.
Yang harus sangat diperhatikan pada saat mengkonsumsi ikan sarden segar maupun sarden kaleng adalah Teknik pengolahannya. Teknik pengolahan yang tepat mampu membuat kandungan merkuri di dalam ikan sarden hilang. Dengan begitu, manfaat ikan sarden untuk ibu hamil muda yang telah dijelaskan di atas pun dapat terealisasikan dengan sempurna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

PABRIK TUNA KALENG

Kami adalah Pabrik Tuna Kaleng, siap menyuplai Tuna kaleng, sarden kaleng, Ikan Tuna, dll. Dapatkan penawaran kami dengan cara menghubungi kami melalui form yang tersedia

: Java, Indonesia

: DistributorTunaKaleng@gmail.com



Popular Posts

Kontak Kami