Rabu, 31 Januari 2018

Pabrik Pengalengan Ikan di Indonesia Sangat Potensial

Pabrik pengalengan ikan di Indonesia nampaknya semakin banyak bermunculan. Bukan hanya karena hasil ikan air laut maupun tawar di Indonesia sangat melimpah. Namun dilandasi oleh beberapa faktor lain. Salah satu faktor yang membuat bisnis atau pabrik ikan sarden kaleng memiliki prospek cerah adalah daya konsumsi masyarakat yang tinggi dan semakin meningkat setiap waktunya. Karena kondisi pasar produksi sarden kaleng semakin berkembang dan menunjukkan hasil yang memuaskan, kini banyak investor dari negara tetangga yang ingin turut serta bekerjasama dalam pengembangan produksi ikan sarden kaleng di Indonesia. Sejauh ini, para investor dari beberapa negara seperti Jepang, China, Thailand, Filiphina dan masih banyak lagi.

Belitong Menjadi Sentra Pabrik Pengalengan Ikan di Indonesia
Indonesia memang merupakan negara maritime yang memiliki daerah perairan jauh lebih luas dibanding daratan. Dari data statistic tersebut, wajar jika Indonesia merupakan negara yang mampu menghasilkan ikan yan melimpah. Di Indonesia, telah banyak berdiri perusahaan atau pabrik produksi ikan kaleng yang telah sukses dan berkembang pesat. Salah satu sentra pabrik pengalengan ikan di Indonesia yang berkembang pesat dan banyak menarik para investor adalah Belitong. Belitong adalah kota sentral ikan sarden dan tuna yang merupakan jenis ikan kaleng yang laris manis hingga menembus pasar internasional. Selain tuna dan sarden. Belitong juga termasuk sentra ikan cakalang dan kepiting yang tak kalah difavoritkan masyarakat. Kesemua jenis ikan laut yang terdapat di Belitong banyak mengandung asam esensial omega 3 yang sangat mampu memberi nutrisi pada otak baik bagi anak-anak hingga orang dewasa.
Dilansir dari hasil wawancara yang ditujukan kepada pihak berwenang dan ahli mengenai masalah pengalengan ikan di Indonesia, pemasaran ikan secara local maupun ekspor ikan kaleng di Indonesia mengalami peningkatan tajam sejak tahun 2014. Jenis ikan yang memiliki peminat sangat tinggi adalah ikan tuna dan sarden. Alasan inilah yang membuat pabrik ikan kaleng yang sangat berprospek diletakkan di Balitong yang merupakan produsen terbesar di Indonesia ikan jenis ini.
Kendala dan Prospek Pabrik Ikan Kaleng Indonesia
Ikan menjadi salah satu jenis lauk yang banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara tak hanya karena rasanya yang lezat. kandungan nutrisi di dalam ikan terlebih ikan sarden maupun tuna sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Semakin meningkatkan peminat ikan sarden maupun tuna kaleng bukan berarti membuat produsen atau pabrik ikan kaleng tidak mengalami masalah. Justru terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi pabrik atau produsen ikan kaleng. Sejauh ini, pabrik pengalengan ikan di Indonesia khususnya di Balitong baru didirikan dua pabrik. Satu pabrik merupakan pabrik ikan kaleng jenis sarden dan yang satunya lagu adalah pabrik ikan kaleng tuna. Kendala yang dihadapi pabrik-pabrik ikan kaleng tersebut adalah masalah pasokan ikan yang sering mengalami masalah.
Permintaan masyarakat yang semakin meningkat tak diimbangi dengan bahan baku yang seimbang. Penurunan produksi ikan sarden maupun ikan tuna sering mengalami penurunan sehingga berpengaruh buruk bagi keseimbangan produktivitas ikan kaleng. Belum lagi pabrik masih harus mencukupi permintaan permintaan ekspor ikan kaleng. Untuk pemenuhan bahan pokok produksi ikan kaleng jensi sarden maupun tuna, Indonesia masih harus melakukan impor ikan dari beberapa negara. Langkah ini sangat tepat dilakukan saat terjadi penurunan produksi ikan yang masih sering tejadi.
Sebenarnya prospek pabrik atau perusahaan ikan kaleng sangat cerah ke depannya. Betapa tidak, konsumen ikan kaleng saat ini bukan hanya masyarakat local Indonesia. Telah banyak permintaan ikan kaleng dari berbagai negara. Pasar internasional yang membuat ekspor ikan kaleng akan mendatangkan omset pemasukan dan keuntungan yang lebih melimpah. Bukan tanpa alsan masyarakat dunia saat ini membuat ikan kaleng menjadi jenis lauk favorit. Selain karena praktis pengolahannya, tahan lama dan lezat ikan kaleng juga mengandung banyak sekali nutrisi yang menehatkan. Beberapa nutrisi yang terdapat di dalam ikan kaleng khsusnya sarden dan tuna antara lain asam esensial omega 3 yang sangat baik untuk kinerja dan perkembangan otak. protein tinggi yang mampu meningkatkan sistem imun dan dapat digunakan sebagai asupan pengganti karbohidrat bagi penderita diabetes atau yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan. Mineral seperti zat besi, fosfor, kalisum dan selenium sangat baik bagi kesehatan tulang, gigi dan rambut. Vitamin A yang terkandung di dalam ikan kaleng juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang memberi pengaruh baik bagi kesehatan.
Pertumbuhan pabrik pengalengan ikan di Indonesiasetiap tahun mengalami kenaikan yang cukup efektif. Untuk tahun-tahun terakhir ini saja, persentase pertumbuhan pabrik ikan kaleng sudah mencapai rata-rata 10%. Masing-masing pabrik dengan jenis bahan baku ikan yang berbeda haruslah mendapat perijinan legal atas penangkapan ikan jenis tersebut. Dengan begitu, pabrik atau bisnis dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, ketersediaan sumber daya alam yang melimpah serta sumber daya manusia yang tak kalah banyak serta berkualitas dalam menjalankan pabrik ikan kaleng merupakan daya tarik tersendiri bagi para investor. Saat ini jumlah investor pabrik ikan kaleng yang berasal dari luar negeri khususnya negara-negara ASEN banyak berkcimpung langsung dan puas dengan hasil yang diperoleh dari kerjasama tersebut.
Kendala ketersediaan bahan baku yang sering terjadi berasal dari beberapa faktor. Faktor yang paling sering menjadi kendala utama adalah cuaca yang tak bersahabat. Masih banyak nelayan ikan tuna, sarden atau cakalang di Indonesia yang masoih menggunakan kapal kecil bahkan cara tradisional. Cuaca buruk tentu jadi kendala terbesar mereka sehingga tidak dapat melaut seperti yang diharapkan.
Kemajuan dan perkembangan ekonomi yang dihasilkan dari pabrik pengalengan ikan di Indonesia tak hanya mendatangkan keuntungan bagi para investor local saja. Namun banyak investor dari negara lain yang turut tertarik berkecimpung di dunia usaha pengalengan ikan di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

PABRIK TUNA KALENG

Kami adalah Pabrik Tuna Kaleng, siap menyuplai Tuna kaleng, sarden kaleng, Ikan Tuna, dll. Dapatkan penawaran kami dengan cara menghubungi kami melalui form yang tersedia

: Java, Indonesia

: DistributorTunaKaleng@gmail.com



Popular Posts

Kontak Kami